Raisha, Zahfirah (2024) Gambaran Promosi Kesehatan Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2024. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
21190058 Raisha Zahfirah.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Oleh: Raisha Zahfirah Gambaran Promosi Kesehatan Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2024 Promosi Kesehatan merupakan proses mengupayakan individu dan masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan faktor yang mempengaruhi kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya. Observasi awal dilakukan pada bulan Januari 2024 bahwa promosi kesehatan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang Panjang sudah berjalan, namun banyak dari pasien yang belum memperhatikan media promosi yang ada di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi kesehatan yang diterapkan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang Panjang. Penelitian dilaksanakan pada 14 Mei- 15 Mei 2024 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan jumlah informan sebanyak 7 orang terdiri atas 2 orang pegawai dan 5 orang pasien. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa promosi kesehatan sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang Panjang yaitu menggunakan media periklanan yang sudah berjalan, namun kebanyakan pasien kurang memperhatikan media promosi yang ada di rumah sakit, Personal selling di rumah sakit dengan melakukan komunikasi yang efektif terhadap pasien, Sales promotion di rumah sakit dengan melakukan kunjungan ke puskesmas untuk menarik pasien akan merujuk ke rumah sakit, public relation di rumah sakit masih belum terlalu dijalankan, sedangkan direct marketing sudah memanfaatkan aplikasi seluler online untuk mengingatkan pasien agar berobat ke rumah sakit. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Promosi kesehatan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang Panjang sudah berjalan, namun kebanyakan dari masyarakat mengetahui rumah sakit dari mulut ke mulut, bukan melalui media sosial, adapun pada bagian staf promosi itu tersendiri sehingga kegiatan promosi yang disampaikan kadang tertunda. Saran untuk bagian pemasaran perlu meningkatkan kegiatan promosi agar informasi yang diberikan kepada masyarakat terlaksana secara optimal. Kata Kunci : Promosi Kesehatan, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administrasi Rumah Sakit N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 05:03 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 05:03 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3146 |
Actions (login required)
View Item |