Witmawati, Witmawati (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 23 KUAMANG PASAMAN TIMUR. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI IWIT LENGKAP FDF.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian berawal dari kenyataan di kelas IV SD Negeri 23 Kuamang Pasaman Barat, ditemukan permasalahan pembelajaran matematika, siswa mengalami kesulitan dalam tugas operasi bilangan yang diberikan oleh guru, pembelajaran berpusat pada guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran Matematika. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 23 Kuamang Pasaman Timur, dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 4 perempuan tahun ajaran 2020/2021 penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dimana hasil RPP siklus I dengan rata-rata 83% (B), pada siklus II dengan nilai rata-rata 86% (SB), dari aspek guru pada siklus I dengan niali rata-rata 81% (B), pada siklus II dengan rata-rata nilai 90% (SB), sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata nilai 81% (B), pada siklus II dengan rata-rata nilai 90% (SB). Hasil belajar pada siklus hal ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata 63% (C), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 76% (B), dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share.
Actions (login required)
View Item |