Erianto, Saputra (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BUNGO TANJUNG KOTA PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS ERIANTO AOK.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perilaku bullying yang sangat merugikan sebelah pihak siswa yang dibully baik itu dari segi mental, fisik maupun psikologis individu yang dibully dan perilaku bullying ini menimbulkan dampak bagi siswa SDN 03 Bungo Tanjung Kota Pariaman. Perilaku bullying ini adalah perilaku yang sedang terjadi dan berlokasi di SDN 03 Bungo Tanjung Kota Pariaman, dengan jumlah siswa kelas 16 orang. Dengan jumlah yang sedikit seharusnya sudah bisa memberikan contoh yang baik, ini dikarenakan oleh guru yang sibuk dengan kegiatannya sehingga kurang memperhatikan siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membuat peraturan tentang perilaku bullying, mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam mencegah, mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam melawan bullying dan menghentikan perilaku bullying serta mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 03 Bungo Tanjung Kota Pariaman. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis mengunakan pengumpulan data, reduksi data, menyusun data, mengadakan pemeriksaan dan keabsahan data dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut, pertama peran guru pendidikan agama Islam dalam membuat peraturan tentang perilaku bullying seperti bersikap simpati dan empati serta cara menghargai sesama teman, kedua peran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mencegah bullying adalah memberi wawasan kepada siswa tentang jenis-jenis bullying serta memberikan hukuman kepada pelaku perilaku bullying, ketiga hasil peran guru pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying, keempat peran guru pendidikan agama Islam untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru PAI, Bullying, Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:42 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:42 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3225 |
Actions (login required)
View Item |