HUBUNGAN SERTIFIKASI DENGAN KOMPETENSI GURU DI SMP NEGERI I BASA AMPEK BALAI TAPAN

Benny Meltaria, Folina (2016) HUBUNGAN SERTIFIKASI DENGAN KOMPETENSI GURU DI SMP NEGERI I BASA AMPEK BALAI TAPAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI BENNY MELTARIA FOLINA 1206002012096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berawal dari permasalahan antara sertifikasi dengan peningkatan kompetensi seperti saling berhubungan. Terdapat perbedaan antara guru-guru yang sudah mendapat sertifikasi dengan guru-guru yang belum mendapatkan sertifikasi. Guru-guru yang sudah mendapat sertifikasi seperti lebih bersemangat dalam mengajar dan lebih bersemangat dalam meningkatkan kompetensinya. Guru yang sudah mendapat sertifikasi seperti lebih kompeten dalam mengajar. Berbeda dengan guru yang belum mendapatkan sertifikasi, yang seperti kurang memperhatikan kompetensinya sebagai seorang guru. Rumusan dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran sertifikasi di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan. (2) Bagaimana gambaran kompetensi guru di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan. (3) Apakah terdapat hubungan sertifikasi dengan peningkatan kompetensi guru di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran sertifikasi di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan. (2) Untuk mengetahui bagaimana gambaran kompetensi guru di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan sertifikasi dengan peningkatan kompetensi guru di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 569 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang, sedangkan untuk menguji validitas soal peneliti mengambil dari jumlah sampel sebanyak 15 orang siswa, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Setelah data diperoleh, penulis menganalisis dengan rumus persentase, sedangkan untuk menguji korelasi penulis menggunakan teknik korelasi “product-moment”. Setelah data itu diperoleh dan dianalisis, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) Gambaran sertifikasi guru SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan tergolong kepada klasifikasi baik yaitu berkisar pada interval 30 – 32. (2) Gambaran kompetensi guru di SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan meliputi a. Gambaran kompetensi pedagogik guru SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan tergolong kepada klasifikasi kompeten yaitu berkisar pada interval 23 – 25. b. Gambaran kompetensi profesional guru SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan tergolong kepada klasifikasi sedang yaitu berkisar pada interval 17 – 18. c. Gambaran kompetensi kepribadian guru SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan tergolong kepada klasifikasi kompeten yaitu berkisar pada interval 13 – 15. d. Gambaran kompetensi sosial guru SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan tergolong kepada klasifikasi kurang kompeten yaitu berkisar pada interval 7 – 8. (3) terdapat hubungan sertifikasi dengan kompetensi guru di SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan : a.Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sertifikasi dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan, dengan r hitung sebesar 0,189 yang lebih kecil dari r tabel sebesar 0,213. b. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sertifikasi dengan kompetensi profesional guru di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan, dengan r hitung sebesar 0,050 yang lebih kecil dari r tabel sebesar 0,213. c. Terdapat hubungan yang signifikan antara sertifikasi dengan kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan, dengan rhitung sebesar 0,216 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,213. d. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sertifikasi dengan kompetensi sosial guru di SMP Negeri I Basa Ampek Balai Tapan, dengan r hitung sebesar 0,071 yang lebih kecil dari r tabel sebesar 0,213. Saran penulis setelah melakukan penelitian ini adalah agar pendidik (guru) lebih meningkatkan lagi kompetensinya, lebih bertanggung jawab dengan tugasnya sebagai seorang guru dan pelaksanaan proses sertifikasi tidak boleh lagi asal jadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:22
Last Modified: 24 Oct 2024 04:22
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item View Item