Hisfa, Febrianti (2019) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MIN 1 PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
hisfa febrianti.pdf Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran serta metode secara variatif dan apa yang menjadi faktor pendorong dan penghambat kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di MIN 1 Pasaman Barat? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran serta metode secara variatif dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di MIN 1 Pasaman Barat. Manfaat penelitian yaitu secara teori diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan pada umumnya dan proses pembelajaran pada khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam serta secara praktis bagi sekolah, bagi penulis dan bagi peneliti berikutnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian berupa Guru PAI di MIN 1 Pasaman Barat belum sepenuhnya kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran pada implementasi kurikulum 2013, demikian juga dalam menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif bahwa guru PAI di MIN 1 Pasaman Barat pada umumnya belum sepenuhnya kreatif, sedangkan faktor pendorong dari kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yaitu ketersediaan media pembelajaran di MIN 1 Pasaman Barat dan adanya kebijakan madrasah berupa pelatihan khusus untuk guru. Adapun faktor penghambat kreativitas guru PAI di MIN 1 Pasaman Barat yaitu: kurangnya keterampilan guru dalam pemilihan media pembelajaran, kemauan siswa yang beragam dalam mencerna pelajaran sehingga guru harus jeli memilih metode pembelajaran dan masalah yang ada pada diri guru di luar pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan kepada beberapa orang guru dan siswa. Dari penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar guru PAI di MIN 1 Pasaman Barat belum terlihat kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran pada kurikulum 2013, mayoritas guru PAI MIN 1 Pasaman Barat kurang terampil dalam menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif dan adanya faktor pendorong yaitu ketersediaan media pembelajaran dan kebijakan madrasah berupa pelatihan khusus untuk guru. Sedangkan faktor penghambat berupa kurangnya keterampilan guru dalam memilih metode pembelajaran, kemauan siswa yang beragam dalam mencerna pelajaran dan masalah yang ada pada diri guru di luar pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, maka penulis merekomendasikan agar guru PAI lebih sering lagi diberi pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran, implementasi kurikulum 2013 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 02:11 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:11 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3270 |
Actions (login required)
View Item |