Mira, Charles (2023) ANALISIS REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN SANTRI PONDOK PESANTREN MODEREN SUBULUSSALAM DITINJAU DARI ASPEK NILAI-NILAI PENDIDIKAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis Mira Charles.pdf Download (2MB) |
Abstract
Adapun rumusan masalah dari pembahasan ini adalah :Apakah jenis reward dan punishment yang berlaku di Pondok Pesantren Modern Subulussalam? Bagaimanakah Hubungan reward dan punishment terhadap nilai – nilai Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Subulussalam ? Bagaimana dampak reward dan punishment terhadap motivasi belajar santri Pondok Pesantren Moderen Subulussalam.. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui jenis reward yang digunakan oleh Pondok Pesantren Modern Subulussalam (2) Untuk mengetahui hubungan reward dan punishment terhadap nilai nilai Pendidikan di pondok pesantren modern Subulussalam (3) Untuk mengetahui dampak reward dan punishment di Pondok Pesantren Modern Subulussalam terhadap motivasi belajar santri. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah wawancara dan Observasi dan dokumentasi. Sumber data, data primer dan data sekunder. Anlaisis data yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar santri. Hasil penelitian ini menyimpulkan Reward dan Punishment dalam Pendidikan merupakan suatu alat pendidikan yang represif dan korektif yang menyenangkan, diberikan kepada anak didik yang memilki prestasi tertentu dalam Pendidikan, dengan pola pemberian hadiah yang tepat akan berdampak pada siswa yang memiliki kemajuan, termotivasi, dan memiliki tingkah laku yang baik sehingga dapat menjadi tauladan bagi teman-temannya.Disisi lain hadiah atau penghargaan memberi efek yang positif sehingga anak merasa dihargai sehingga akan meningkat motivasi belajarnya di kelas. Kesimpulan, 1)Jenis reward dan punishment yang berlaku dan diterapkan di Pondok Pesantren Modern Subulussalam mengacu kepada panduan yang disusun civitas akademika Subulussalam, yaitu reward berupa nilai, bingkisan, beasiswa, Alat tulis, alat kebutuhan harian dan lainnya serta hukuman adakalanya berupa kerja bakti, menghafal ayat, push -up, scot jump sampai kepada skorsing, SP.1, SP.2 dan SP.3 tentu dengan tahapan yang jelas serta dilaksanakan dengan control yang baik, sehingga mampu memberikan kendali terhadap sikap, efek jera, serta membangkitkan motivasi belajar siswanya. 2) Reward dan Punishment diterapkan dengan memperhatikan nilai-nilai pindidikan reward dan punishment di Pondok Pesantren Modern Subulussalam mengacu kepada aspek nilai-nilai psikologi Pendidikan, sehingga memperhatikan celah untuk mampu membangkitkan motivasi dan memberikan efek menyadari kesalahan dan untuk perubahan kearah yang lebih baik. 3) Eksekutor baik dalam hal Reward dan Punishment sangat mempe rhatikan indikator dan tujuan utama dari aturan yang di buat di MTsS pondok Pesantren Moderen Subulussalam yaitu sebagai alat motivasi dan kendali diri bagi siswa siswanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberian Reward, Punishment, dan Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:39 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:39 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3313 |
Actions (login required)
View Item |