PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) CAHAYA MAKKAH PASAMAN BARAT

Satria, Satria (2023) PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) CAHAYA MAKKAH PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SATRIA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dunia pendidikan yang secara filosofis dipandang sebagai alat atau wadah untuk mencerdaskan dan membentuk karakter manusia agar lebih baik, Demikian terjadi salah satunya dikarenakan kurang siapnya pendidikan untuk mengikuti perkembangan zaman yang begitu cepat. Dalam dunia pendidikan pun kasus bertindak curang baik berupa tindakan mencontek, mencontoh pekerjaan teman, atau mencontoh dari buku pelajaran, seolah-olah merupakan kejadian sehari-hari yang biasa. Bahkan dalam pelaksanaan ujian akhir sekolah ditengarai ada guru yang memberikan kunci jawaban kepada peserta didik. Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Cahaya Makkah Pasaman Barat sekolah menerapkan Boarding School atau kelas berasrama yang memadukan kurikulum Pendidikan Nasonal dan kurikulum Pendidikan Agama yang bertujuan menjadi pusat pendidikan berkualitas diperkaya materi-materi kepesantrenan yang menekankan terbentuknya karakter Peserta Didik dan Menghasilkan Generasi Islam yang Berkepribadian Qur’ani serta juga bertujuan membina dan menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik melalui Tahfidzul Qur’an. Adapun yang menjadi fokus masalah adalah terkait dengan Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul qur’an Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMPIT Cahaya Makkah Pasaman Barat. Dalam hal ini meliputi pelaksanaan pembelajaran, metode dan evaluasi pembelajaran Tahfidzul qur’an. Adapun rumusan maslam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPIT Cahaya Makkah Pasaman Barat, 2) Bagaimana Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPIT Cahaya Makkah Pasaman Barat, 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Tahfidzul Pada Peserta Didik Qur’an di SMPIT Cahaya Makkah Pasaman Barat. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif, penelitan ini dilakukan di SMPIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat dari bulan februari sampai dengan bulan maret 2023 dengan objek penelitian kepala sekolah dan guru. Instrumen penelitian ini adalah format wawancara, lembar observasi dan dokumentasi, teknik analisis data adalah deskriftif, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMPIT Cahaya Makkah sesuai dengan program pembelajaran yang disusun oleh sekolah dalam membentuk karakter peserta didik yaitu Karakter Religius, Karakter Disiplin, Karakter Jujur, Karakter Kerja, Karakter Gemar membaca, Karakter Tanggung jawab 2) Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an yaitu menggunakan Metode Wahdah, metode Kitabah, Metode Sima’i, Metode Gabungan, Metode Jama’, Metode Klasik dan Metode Modren 3) Evaluasi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an yakni dengan melakukan evaluasi karakter, setoran hafalan harian, setoran tengah semester, setoran akhir semester dan Ujian Akhir Tahfidz (UAT) atau ujian kompre pada semester akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidzul Qur’an, Pembentukan Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:52
Last Modified: 07 Nov 2024 02:52
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item