PELAKSANAAN PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SDIT CAHAYA MADANI LUBUK SIKAPING

Zulhadri, Zulhadri (2024) PELAKSANAAN PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SDIT CAHAYA MADANI LUBUK SIKAPING. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS ZULHADRI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya nilai moral pada kehidupan manusia terutama siswa di lembaga pendidikan menuntut lembaga pendidikan itu sendiri untuk bertanggung jawab dalam menyelenggarakan pendidikan karakter. Di sekolah-sekolah berbasis agama, khususnya sekolah dasar Islam, upaya pembentukan karakter ini diintegrasikan melalui berbagai program keagamaan, salah satunya adalah Program Bina Pribadi Islam (BPI). SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping merupakan salah satu sekolah yang menjadikan BPI sebagai program unggulan untuk menanamkan nilai karakter kedisiplinan dalam beribadah kepada siswa. Fokus penelitian tesis ini adalah Bagaimana Pelaksanaan program BPI dalam menanamkan kedisiplinan beribadah siswa di SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena data yang dibutuhkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang akan diamati. Sedangkan dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping, yaitu 1) Perencanaan program Bina Pribadi Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah siswa di SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu identifikasi tujuan dan sasaran, perencanaan program, penyiapan materi dan modul sesuai kurikulum, pemilihan pengajar, melaksanakan program sesuai rencana yang telah disusun, merencanakan evaluasi dan monitoring secara berkala, dan merencanakan perbaikan dan penyempurnaan. 2) Pelaksanaan program Bina Pribadi Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah siswa di SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping yaitu pengaturan jadwal program BPI, penentuan metode pelaksanaan program, memperhatikan peran guru pembimbing dan siswa dalam pelaksanaan program, dan mengidentifikasi tantangan, serta solusi untuk mengatasinya. 3) Evaluasi program Bina Pribadi Islam dalam menanamkan kedisiplinan beribadah siswa di SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping dilakukan dengan mengidentifikasi indikator keberhasilan untuk mengukur kedisiplinan beribadah belajar siswa, memperhatikan feedback guru dan siswa, dan merencanakan perbaikan program BPI ke depannya. 4) Pelaksanaan kedisiplinan siswa yang terbentuk dari program BPI mencerminkan berbagai pengaruh positif pada siswa, yaitu konsisten dalam melaksanakan ibadah, peningkatan kualitas bacaan Al-Quran, pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, kedisiplinan dalam aktivitas keagamaan, pengelolaan waktu yang baik, keterlibatan dalam kegiatan keagamaan, refleksi dan evaluasi pribadi, dukungan dan pembimbingan, kepedulian terhadap lingkungan, dan kemandirian dalam beribadah. Kesimpulannya bahwa pelaksanaan program BPI dengan perencanaan yang baik dan terukur, kemudian dengan menggunakan metode yang tepat, akan dapat membetuk karakter disiplin dalam beribadah pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bina Pribadi Islam (BPI), Disiplin beribadah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:47
Last Modified: 14 Nov 2024 02:47
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item