Nisya, Janelia (2024) Gambaran Peranan Humas di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
21190001 Nisya Janelia.pdf Download (2MB) |
Abstract
Humas sangat penting pada setiap perusahaan atau instansi yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara organisasi dengan publiknya. Peran humas dalam pemberian layanan rumah sakit yang paling penting bagi pasien dapat menuntaskan dan mengatasi keluhan pasien. Berdasarkan observasi awal peneliti bahwa pasien mengatakan keluhan mengenai kecepatan petugas rumah sakit dalam memberikan pelayanan kurang memuaskan, saat keluarga pasien dalam keadaan daurat di ruang rawat inap dan beberapa kali keluarga pasien membunyikan bel darurat petugas tidak merespon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peranan humas di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada April sampai Mei tahun 2024 dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif, jumlah informan pada Divisi Humas sebanyak 3 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini pada peran humas sebagai penasehat ahli dalam mencairkan beberapa solusi evaluator harus berkompromi dengan beberapa unit terkait, peran humas sebagai fasilitator komunikasi sudah terlaksana sudah dijalankan, evaluator setiap hari sudah melakukan evaluasi baik dari pasien maupun dari karyawan, peran humas sebagai proses pemecahan masalah sudah dilaksanakan dengan baik, namun ada beberapa solusi yang tidak bisa diselesaikan oleh divisi humas dan humas berkerjasama dengan pihak internal, dan Peran Humas sebagai Teknisi Komunikasi belum terjalankan dengan baik, media komunikasi masih terhambat dengan kurang tersedianya sarana dan prasarana yang kurang mendukung. Berdasarkan kesimpulan yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan perannya divisi humas Rumah Sakit Umum Madina dari keempat perannya belum sepenuhnya terjalankan. Sebagai saran yang dapat diberikan kepada Divisi humas agar dapat menambah karyawan serta sarana dan prasarana layanan pengaduan dapat direspon dengan cepat. Kata Kunci: Peranan Hubungan Masyarakat (Humas)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administrasi Rumah Sakit N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 16 Nov 2024 04:41 |
Last Modified: | 16 Nov 2024 04:45 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3362 |
Actions (login required)
View Item |