IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM PADA PEMBELAJARAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN SUBULUS SALAM KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

Firman, Firman (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM PADA PEMBELAJARAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN SUBULUS SALAM KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS FIRMAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari pengamatan peneliti terhadap penerapan nilai-nilai kitab Ta’limul Muta’alllim sebagai pembentuk karakter santri di pondok pesantren subulus salam, Realitas yang ada memperlihatkan bagusnya nilai karakter santri yang menjadi modal besar untuk kemajuan generasi bangsa kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Kitab Ta’limul Muta’allim pada Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Subulus Salam Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) nilai nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’alllim? (2) metode apa saja yang diterapakan dalam pembentukan karakter santri melaluin nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’alim di Ponpes Subulus Salam? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter santri melalui nilai-nilai Kitab Ta’lim Muta’alim di Ponpes Subulus Salam? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (Field research). Sumber data primer adalah Kitab Ta’lim Muta’allim, kiayi, ustadz/ah dan santri ponpes subulus salam sumber data sekundernya diambil dari buku-buku lain seperti terjemahan Ta’lim Muta’allim pentinya adab sebelum ilmu, terjemahan ta’lim muta’allim bimbingan bagi penuntut ilmu pengetahuan, jurnal At-Ta’dib pendidikan akhlak menurut Az-Zarnuji dalam kitab ta’lim muta’allim, artikel, penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan nilai-kitab ta’limul muta’allim dalm pemebentukan karakter santri dan lain sebagainya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analisis dan content analysis. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya antara lain: nilai Cinta Ilmu, Cinta Damai, Musyawarah, Bersahabat/Komunikatif, Cerdas, Berfikir, Bersungguh-Sungguh, Ta’zim Ilmi, Ta’zim Guru, Rajin, Jujur, Bersyukur, Zuhud, Tawakkal, Sabar, Belas Kasih, Husnuzon, Wara’. Metode pemebentukan karakter yang digunakan diantaranya metode Tauladan, metode nasihat, metode persuasi, metode pembiasaan dan metode kisah. Faktor pendukungnya keinginan santri yang luar biasa dengan tekad yang mantap untuk ke pondok, pengasuh yang selalu membimbingdengan sepenuh hati, lingkungan pondok yang penuh dengan kenyaman dan faktor penghambatnya juga berasal dri santri, orang tua yang belum bisa melepas anaknya sepenuhnya ke pondok dan prasarana yang masih belum memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-Nilai Kitab Ta’limul Muta’allim, Pembentukan Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:58
Last Modified: 18 Nov 2024 03:58
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item