KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD NEGERI 24 SALIDO KECIL KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Salma Efita, Sari (2017) KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD NEGERI 24 SALIDO KECIL KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI SALMA ELFITA S.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi peneliti di SD Negeri 24 Salido Kecil fenomena yang peneliti temukan bahwa sewaktu belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn), guru kurang memperhatikan karakteristik peserta didik dalam belajar sehingga peserta didik meribut dan tidak betah berada dalam kelas, dan guru kurang menggunakan strategi yang menarik dalam menarik perhatian peserta didik dalam belajar. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar PKn peserta didik Berdasarkan fenomena di atas peneliti tertarik melakukan penelitian sejauh mana hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV di SD Negeri 24 Salido Kecil. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimanakah gambaran kompetensi pedagogik guru, bagaimanakah gambaran hasil belajar PKn kelas IV dan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri 24 Salido Kecil Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui: gambaran kompetensi pedagogik guru, gambaran hasil belajar PKn kelas IV dan hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri 24 Salido Kecil Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, yaitu menghubungkan antara dua variabel antara kompetensi pedagogik guru variabel (X) dan hasil belajar PKn merupakan variabel (Y) Populasi berjumlah 28 orang, penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh maka peneliti menganalisa data tersebut dengan rumus persentase dan korelasi Hasil penelitian ini adalah (1) Gambaran kompetensi pedagogik guru SD Negeri 24 Salido Kecil Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan termasuk klasifikasi rendah, (2) Gambaran hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SD Negeri 24 Salido Kecil Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan termasuk pada klasifikasi rendah, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri 24 Salido Kecil Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Saran peneliti setelah melakukan penclitian ini, agar kepala sekolah, guru dan orangtua dapat memberikan arahan, bimbingan, perhatian, motivasi, dan fasilitas belajar agar dapat mencapai tujuan pendidikan dan memperoleh serta dapat meningkatkan hasil beajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar PKn
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2024 08:24
Last Modified: 20 Nov 2024 08:24
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item