Liana, Afera (2018) HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 16 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI LIANA AFERA.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang peneliti temukan yaitu kurang pengawasan orang tua terhadap pendidikan anaknya, hal ini dapat terlihat dari, 1) orang tua hanya menunggu panggilan dari pihak sekolah jika anaknya bermasalah, 2) tidak meluangkan waktu untuk anak, 3) kurang membantu anak ketika menemukan kesulitan dalam belajar, 4) lebih memprioritaskan nilai mata pelajaran umum dari pada pelajaran agama, dan 5) selalu acuh dengan kegiatan anak baik di sekolah maupun di rumah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah deskripsi pengawasan orang tua siswa, 2)Bagaimanakah deskripsi hasil belajar siswa, 3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 16 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menghubungkan antara dua variabel dengan menggunakan angka-angka. Pengawasan Orang Tua variabel (X) dan Hasil Belajar variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 272 orang, karena populasi dalam penelitian ini lebih dari 100 maka mengambil sampel sebanyak 15% dari populasi yang ada dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 responden, penelitian ini disebut penelitian sampel. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengawasan Orang Tua siswa kelas VIII di SMPN 16 Padang tergolong pada klasifikasi tinggi. (2) Hasil Belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 16 Padang tergolong kepada klasifikasi tinggi. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Padang pada pengujian korelasi dengan menggunakan rumus angka asli yang mana diperoleh r hitung 0,569 > r tabel dengan jumlah responden 41 siswa sebesar 0,308. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ini agar orang tua selalu memberikan pengawasan yang lebih intens terhadap kegiatan belajar anaknya, agar anak dapat memperoleh dan meningkatkan hasil belajar mereka dengan maksimal.
Actions (login required)
View Item |