HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 16 PADANG

Liana, Afera (2018) HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 16 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI LIANA AFERA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang peneliti temukan yaitu kurang pengawasan orang tua terhadap pendidikan anaknya, hal ini dapat terlihat dari, 1) orang tua hanya menunggu panggilan dari pihak sekolah jika anaknya bermasalah, 2) tidak meluangkan waktu untuk anak, 3) kurang membantu anak ketika menemukan kesulitan dalam belajar, 4) lebih memprioritaskan nilai mata pelajaran umum dari pada pelajaran agama, dan 5) selalu acuh dengan kegiatan anak baik di sekolah maupun di rumah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah deskripsi pengawasan orang tua siswa, 2)Bagaimanakah deskripsi hasil belajar siswa, 3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 16 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menghubungkan antara dua variabel dengan menggunakan angka-angka. Pengawasan Orang Tua variabel (X) dan Hasil Belajar variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 272 orang, karena populasi dalam penelitian ini lebih dari 100 maka mengambil sampel sebanyak 15% dari populasi yang ada dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 responden, penelitian ini disebut penelitian sampel. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengawasan Orang Tua siswa kelas VIII di SMPN 16 Padang tergolong pada klasifikasi tinggi. (2) Hasil Belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 16 Padang tergolong kepada klasifikasi tinggi. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Padang pada pengujian korelasi dengan menggunakan rumus angka asli yang mana diperoleh r hitung 0,569 > r tabel dengan jumlah responden 41 siswa sebesar 0,308. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ini agar orang tua selalu memberikan pengawasan yang lebih intens terhadap kegiatan belajar anaknya, agar anak dapat memperoleh dan meningkatkan hasil belajar mereka dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Orang Tua, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2024 08:36
Last Modified: 20 Nov 2024 08:36
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3378

Actions (login required)

View Item View Item