Fiona, Rozalina (2017) HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI FIONA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi, fenomena yang peneliti temukan pada salah satu permasalahan dalam pembelajaran IPA, kurangnya minat belajar pada diri peserta didik, hal ini dapat terlihat dari, 1) hasil belajar IPA rendah. 2) catatan peserta didik belum lengkap. 3) main dengan teman sebangku, dan 4) melakukan aktivitas lain serta ada juga yang. 5) asik menggambar pada saat guru menerangkan pembelajaran 6) kurang ada tanya jawab pada saat proses pembelajaran, dan. 8)Tanya jawab baru dilakukan ketika pembelajaran selesai. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah gambaran minat belajar peserta didik, 2) Bagaimanakah gamabaran hasil belajar peserta didik, 3) Apakah terdapat hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir Selatan.. Tujuan 1) Untuk mengetahui gambaran minat belajar peserta didik. 2) Untuk mengetahui mengenai gambaran hasil belajar peserta didik.3) Untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kelas IV di SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara minat dengan hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menghubungkan antara dua variabel dengan menggunakan angka-angka. Minat Belajar variabel (X) dan hasil belajar IPA merupakan variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 40 orang, karena populasi dalam penelitian ini kecil, maka peneliti mengambil semua populasi dijadikan sampel yaitu 40 orang, jadi penelitian ini disebut penelitian populasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Minat Belajar peserta didik di SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir termasuk pada klasifikasi sangat tinggi. (2) hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir Selatan termasuk klasifikasi Tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir Selatan pada pengujian korelasi 2 ekor yang mana harga r hitung lebih besar dari r tabel. Kesimpulan 1) gambaran minat belajar peserta didik tergolong kepada klasifikasi sangat tinggi, 2) gamabaran hasil belajar peserta didik tergolong kepada klasifikasi tinggi, dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 03 Tapan. Saran peneliti setelah melakukan penelitian ini agar kepala sekolah guru dan orang tua dapat memberikan arahan, bimbingan, perhatian, motivasi, dan fasilitas belajar agar dapat mencapai tujuan pendidikan dan memperoleh serta dapat meningkatkan hasil belajar yang maksimal.
Actions (login required)
View Item |