Pengaruh Hafalan Alquran Terhadap Minat dan Hasil belajar Matematika Siswa di MTsN 1 Pasaman

Elmissyar, Yosita (2020) Pengaruh Hafalan Alquran Terhadap Minat dan Hasil belajar Matematika Siswa di MTsN 1 Pasaman. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
(190600286108046) Elmissyar Yosita.pdf

Download (7MB)

Abstract

Menghafal Alquran merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dan mulia, setiap orang pasti bisa menghafal maka hendaklah selalu mengulang - ulang agar hafalannya tidak lupa. Minat yang tinggi terhadap sesuatu yang diminati akan cenderung memiliki disiplin yang tinggi, tidak kalah penting minat dalam menghafal Alquran, karena dengan menghafal Alquranakan membawa kemudahan dalam mempelajari ilmu- ilmu lainnya terutama pelajaran matematika di mana sebagian siswa sudah menganggap pelajaran matematika sulit dan menakutkan. Dengan keterasahan otak masing-masing siswa dalam menghafalkan Alquran maka akan menjadikan matematika pelajaran yang mudah dan menyenangkan. Berdasarkan uraian di atas, maka merupakan suatu alasan yang mendasar apabila penulis membahas permasalahan tersebut dalam tesis yang berjudul “ Pengaruh Hafalan AlquranTerhadap Minat dan Hasil belajar Matematika Siswa di MTsN 1 Pasaman”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Alqurannya terhadap minat dalam belajar matematika. Serta untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh hafalan Alquran terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan jenis permasalahan yang ada dalam judul penelitian, maka peneliti menggunakan desain penelitian kuantitatif asosiatif, yaitu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Hubungan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hubungan kausal. Hubungan kasual adalah hubungan yang bersifat sebab akibat, yang terdiri dari variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan dependen (variabel yang dipengaruhi). Responden penelitian adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah populasi sebanyak 341 orang. 36 responden dijadikan sampel berdasarkan 10 % dari jumlah populasi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden setelah angket memiliki validitas dan relaibilitas. Data yang terkumpul akan dianalisis melalui, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan hafalan Alquran memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa (Y1) MTsN 1 Pasaman sebesar 11,3% yang merupakan salah satu faktor internal. yang mempengaruhi minat belajar yakni pada faktor psikologis dan mempengaruhi keadaan atau situasi belajar, sedangkan sisanya 88,7% kemungkinan besar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal lainnya. Hasil pengujian variabel penelitian hafalan Alquran (X) terhadap hasil belajar (Y2) pada mata pelajaran matematika didapatkan hasil perhitungan bahwa ternyata hafalan Alquran memberikan pengaruh sebesar 1,5 % terhadap hasil belajar siswa di MTsN 1 Pasaman sedangkan sisanya 98,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya terutama faktor kognitif dan minat belajar terhadap mata pelajaran. Hafalan Alquran memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap minat belajar dibandingkan hasil belajar matematika siswa MTsN 1 Pasaman. Kata Kunci: Tahfiz, Minat, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tahfiz, Minat, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:51
Last Modified: 28 Aug 2024 03:02
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item