Widia Afriza, Putri (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 6 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 17 ALANG SUNGKAI PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
(1706002014011) Widia Afriza Putri-converted.pdf Download (4MB) |
Abstract
Peneliti berawal dari kenyataan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Alang Sungkai Pesisir Selatan. Dalam pembelajaran guru belum menggunakan model kooperatif tipe course review horay dan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran menyebabkan nilai siswa dalam pembelajaran IPS kurang memuaskan atau banyak dibawah kriteria ketuntasan minimal. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Alang Sungkai, jumlah siswa 18 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan tahun ajaran 2020/2021 penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keberhasilan penelitian mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dimana hasil RPP siklus I dengan nilai rata-rata 68% C pada siklus II dengan nilai rata-rata 84% B dari aspek guru pada siklus I dengan rata-rata 80% B pada siklus II dengan nilai rata-rata 93% A dari aspek siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 63% C, pada siklus II dengan nilai rata-rata 85% A. Hasil belajar siklus I menunjukkan diperoleh nilai rata-rata 64% C meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 82% B, demikian dapat disimpulkan penggunaan model kooperatif tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
View Item |