Winda, Sonia (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 03 MALPANG KECAMATAN BASA AMPEK BALAI TAPAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI WINDA SONIA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan banyaknya peserta didik yang belum tuntas atau mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini, (1) bagaimanakah gambaran hasil belajar pre test dan post test yang menggunakan metode eksperimen, (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar pre test dan post test yang menggunakan metode ceramah. (3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara metode eksperimen dengan metode ceramah pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 03 Malpang Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara metode eksperimen dengan metode ceramah pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Malpang Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pretes dan post test kelompok statis (The Static Group Pretest-Postest Design). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji mean. Hasil penelitian sebagian menujukkan : (1) gambaran hasil nilai pretes kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA dikonsultasikan klasifikasi tinggi. (2) gambaran hasil nilai post-test kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA dikonsultasikan klasifikasi tinggi. (3) gambaran hasil nilai pretes kelas kontrol pada mata pelajaran IPA dikonsultasikan klasifikasi rendah. (4) gambaran hasil nilai post-test kelas kontrol pada mata pelajaran IPA dikonsultasikan klasifikasi rendah. (5). Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara metode eksperimen dengan metode ceramah pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 03 Malpang Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Saran peneliti dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA sebaiknya salah satu metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode eksperimen, Dalam kegiatan belajar mengajar IPA hendaknya para guru membiasakan peserta didik aktif dalam pembelajaran, Khusus tenaga pengajar, peneliti berharaf dapat mempertahankan kualitas dalam professional guru, serta dapat lebih meningkatkan kualitas dalam mengajar, Bagi peneliti lain yang berminat melanjutkan penelitian ini diharapkan dilakukan pada kelas, tingkat dan materi yang berbeda.
Actions (login required)
View Item |