M, Pakihun (2020) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM AUR DURI SUMANI KABUPATEN SOLOK. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi_M. Pakihun_PBA_FAI_Update 14 Desember 2020.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang penulis temukan di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani.Berdasarkan observasi, penulis melihat kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab. Sementara itu, data nilai hasil ujian juga menunjukkan rendahnya hasil capaian siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.Hal itu membuat penulis tertarik untuk mengetahui problematika yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam pembelajaran qira’ah di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Metode kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana penulis adalah sebagai instrumen kunci bertujuan untukmemahami suatu fenomena sosial dan perspektif individu yang diteliti.Tujuan pokoknya adalah menggambarkan, mempelajari dan menjelaskan fenomena itu. Pemahaman fenomena ini dapat diperoleh dengan cara mendeskripsikan dan mengeksplorasikannya dalam sebuah narasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, atau dikenal dengan teknik triangulasi yaitu penggabungan tiga teknik pengumpulan data sekaligus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut; Pertama, pembelajaran qira’ah di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani sudah berjalan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran namun dengan beberapa kekurangan yang masih ada pada perencanaannya. Kedua, penulis mendapati problem yang dihadapi dalam pembelajaran qira’ah di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darussalam Aur Duri Sumani, yaitu kurangnya motivasi belajar siswa, kekurangan media pembelajaran, waktu pembelajaran yang kurang tepat, perencanaan pembelajaran yang masih kurang oleh guru. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk meminimalisir pengaruh problem tersebut terhadap tercapainya tujuan pembelajaran adalah dengan cara pengadaan dan penambahan media pembelajaran yang lebih lengkap, meningkatkan motivasi siswa, perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu belajar dan pengulangan materi pembelajaran oleh guru terhadap siswa.
Actions (login required)
View Item |