Ahmad, Ahmad (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS IX MTSN 13 KABUPATEN AGAM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
tesis full.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Aqidah Akhlak agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik maka seorang guru perlu memberikan suatu metode yang membuat peserta didik dapat aktif, dan salah satunya adalah metode partisipatif learning merupakan aktualisasi pembentukan kompetensi karakter peserta didik. Berdasarkan observasi bahwa di kelas IX MTsN 13 Kabupaten Agam Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan metode partisipatif learning di terapkan oleh guru terutama dalam hal mengurangi peserta didik yang ribut, tidak aktif dan lamban dalam memahami pembelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) Implementasi Metode Pembelajaran Partisipatif (Partisipatory learning) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas IX MTs Negeri 13 Kabupaten Agam (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif (Partisipatory learning) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas IX MTs Negeri 13 Kabupaten Agam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menjadi lokasi penelitian adalah MTs Negeri 13 Kabupaten Agam. Untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data guru Aqidah Akhlak dan Peserta didik. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi metode pembelajaran partisipatif (Partisipatory learning) Dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas IX MTs Negeri 13 Kabupaten Agam, guru Akidah Akhlak, dilaksanakan dalam bentuk melibatkan peserta didik dalam pembelajaran seperti membentuk kelompok, kemudian kelompok tersebut diminta untuk berdiskusi dalam membacahkan masalah, lalu membuat kesimpulan yang kesemuanya juga didampingi oleh guru (2) Faktor – faktor yang mempengaruhi dalam implementasi metode pembelajaran partisipatif oleh guru Aqidah Akhlak adalah peserta takut atau malu dalam bertanya takut ditertawakan teman, tidak paham materi yang disampaikan guru, kondisi kesehatan peserta didik, serta kurangnya konsentrasi belajar dari peserta didik, Guru mengkondisikan peserta didik untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang relevan dengan topik yang akan dibahas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Partisifatif Learning, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 02:31 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 02:31 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3414 |
Actions (login required)
View Item |