PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD IT AL- MARHAMAH V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Jasri, Jasri (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD IT AL- MARHAMAH V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS JASRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

SD IT al-Marhammah adalah sebuah sekolah dasar swasta yang dikelola dibawah yayasan al-Marhammah, sebenarnya sekolah ini baru didirikan lebih kurang baru berjalan sepuluh tahun, namun walaupun baru sekolah ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dari segala aspek,khusunya dalam bidang prestasi keagamaan, bahkan dapat mengalahkan sekolah-sekolah yang lebih lama dan sonior yang ada sebelumnya di kecamatan V Koto Kampung Dalam, sampai sekarang, bahkan dengan begitu pesatnya perkembangan sekolah ini beberapa kelas telah memiliki lebih dari satu Rombel, mereka terus berpacu dalam prestasi, sekolah ini telah mengadopsi seratus parsen kurikulum 2013, dengan sistem Fulldays School (belajar seharian penuh) dengan lima hari masa belajar sekolah senen sampai jum‘at, pembinaan yang berkelanjutan dan didukung oleh kompetensi guru yang baik membuat prestasi sekolah ini selalu meningkat, terutama Kompetensi Pedagogik yang sangat mentukan serta mempengaruhi terhadap kemampuan seorang guru dalam menjalankan fungsinya sebagai tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah. Sekolah ini selalu unggul dari setiap kompetisi bidang keagamaan, mulai dari lomba pidato, tahfish Qur‘an, Tilawah, cerdas cermat agama, sampai kepada segala perlombaan yang diadakan di kecamatan V Koto Kampung Dalam selalu mendapatkan juara umum berturut-turut selama tiga tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di SD IT al-Marhammah Kampung Dalam selama empat bulan, dari tanggal 01 September-01Januari2020, dengan data-data dan dokumen yang diteliti semenjak pertengahan 2017 sampai 2020, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik, informasi dari penelitian ini terutama berasal dari Guru PAI SD IT al-Marhammah, Kepala Sekolah, kepala yayasan, majlis Guru, serta dari operator sekolah, peneliti mendapatkan data melalui wawancara, observasi, dan dengan mencermati dokumen yang di perlukan, untuk validasi keabsahan datanya menggunakan Trianggulasi, kemudian dianalisa dengan model interaktif, dengan langkahnya dimulai dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik Guru PAI sangat berpengaruh terhadap peningkatan minat dan prestasi belajar peserta didik, dimana semua hasil yang dicapai tidak terlepas dari kemampuan yang dimiliki oleh Guru PAI dan kerjasama yang baik dengan semua elemen yang ada di SD IT al-Marhammah, baik kepala sekolah, pimpinan yayasan, maupun majlis guru saling bahu membahu dalam bekerja secara sistematis dan terpadu, yang tidak kalah pentingnya di pihak sekolah selalu melakukan kontrol dan pembinaan yang baik terhadap semua kegiatan pembelajaran rutin dan kegiatan ekra kurikuler, terutama kepada semua guru PAI maupun yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2024 04:36
Last Modified: 09 Dec 2024 04:36
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item View Item