Melsa, Ariza (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH BATANG KABUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI MELSA ARIZA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap peningkatan keterampilan menyimak Bahasa Arab kelas VIII di Pondok Pesantren Salafiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung, permasalahan penelitian ini yaitu kemampuan menyimak siswa sebelum menggunakan media audio visual, kemampuan menyimak siswa setelah menggunakan media audio visual, dan pengaruh penggunaan media audio visual pada peningkatan kemampuan menyimak siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengatuhi kemampuan Bahasa Arab siswa sebelum menggunakan media audio visual, mengetahui kemampuan Bahasa Arab siswa setelah menggunakan media audio visual dan mengetahui media audio visual terhadap peningkatan kemampuan menyimak Bahasa Arab siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest group design. Adapun pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dukumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkkan rata-rata pre-test kelas eksperimen yaitu sebesar 63,67 dan kelas kontrol 58,33. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual nilai rata-ratanya 78.00 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-ratanya 75,67. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-tes yang memiliki nilai sebesar 0,251 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Actions (login required)
View Item |