Robi, Yusandi (2025) PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
(21070058) ROBI YUSANDI.pdf Download (15MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek,kepercayaan, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada layanan transportasi online di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang merupakan pengguna layanan transportasi online Gojek, Grab, dan Maxim, dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan uji T dan uji F. Berdasarkan analisa data, maka persamaan regresi sebagai berikut: Ŷ = 4,625 + 0,389X1 + 0,339X2 + 0,269X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung 3,692 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi 0,000 < α (0,05); (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung 3,293 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi 0,001 < α (0,05); (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung 4,092 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi 0,000 < α (0,05); (4) Secara simultan, citra merek, kepercayaan, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F hitung 90,396 > F tabel 2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < α (0,05). Koefisien determinasi (R Square) menunjukkan bahwa 74,7% variasi loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sedangkan 25,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengelola layanan transportasi online untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui pengelolaan citra merek yang baik, peningkatan kepercayaan, dan peningkatan kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | D History General and Old World > Manajemen H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Manajemen Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:58 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:58 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |