PENGARUH DISKON DAN CASHBACK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KAMPUS 1 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

Demila Trisya, Putri (2025) PENGARUH DISKON DAN CASHBACK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KAMPUS 1 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPRI DEMILA TRISYA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon dan cashback terhadap keputusan pembelian ulang pada mahasiswa di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Sampel penelitian ini berjumlah 94 responden dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling, penelitian ini juga menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis Uji t dan Uji f. Hasil dari pembahasan Diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang. Karena Diskon mempunyai nilai thitung sebesar 4,161> 1,661 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Cashback berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang. Karena nilai thitung sebesar 3,086 > 1,661 dan nilai sig 0,003 < 0,05. Pada pembahasan kedua Diskon (X1) dan Cashback (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang (Y), hal ini dapat dilihat bahwa nilai Fhitung yang didapatkan sebesar 221,806 dengan nilai Ftabel sebesar 3,10 sehingga 221,806 > 3,10. hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara bersama sama variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan untuk R squarenya yaitu 83% dan untuk sisanya 17% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya strategi pemasaran yang melibatkan diskon dan cashback untuk meningkatkan keputusan pembelian ulang, khususnya di kalangan mahasiswa yang menjadi target pasar utama di marketplace Shopee.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Diskon, Cashback, Keputusan Pembelian Ulang, Marketplace Shopee, Mahasiswa.
Subjects: D History General and Old World > Manajemen
H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Manajemen
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2025 08:03
Last Modified: 25 Feb 2025 08:03
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item