Hariyadi, Hariyadi (2025) Model Pembelajaran Praktikum Rangkaian Digital Berbasis Online. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
![]() |
Text (Disertasi Hariyadi)
Full Disertas-Hariyadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Hariyadi. 2025. Model Pembelajaran Praktikum Rangkaian Digital Berbasis Online. Disertasi. Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Keterbatasan fasilitas laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Rangkaian Digital, membuat pencapaian Praktikum pada perguruan tinggi terutama di Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat belum berjalan dengan optimal sehingga menjadi tidak efektid dan menghabiskan banyak waktu dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan gambaran pembelajaran Praktikum, Menghasilkan model pembelajaran Praktikum, Menguji validitas model pembelajaran Praktikum, Menguji Praktikalitas model pembelajaran Praktikum, Membandingkan efektivitas model pembelajaran Praktikum Rangkaian Digital berbasis online menggunakan Edlink dan simulator Circuit Verse dengan pendekatan kolaborasi online. Model ini dirancang dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) berbasis model ADDIE, meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan oleh lima orang pakar, dan uji efektivitas dilakukan melalui pre-test dan post-test terhadap 21 mahasiswa pada program teknik elektro, dalam menentukan validitas serta kualitas dari produk pembelajaran mencakup uji validasi oleh para ahli meliputi (1) identifikasi permasalahan melalui analisis kebutuhan, (2) penetapan prioritas terkait jenis dan simulator yang digunakan, (3) penentuan tujuan program, serta (4) penetapan solusi untuk mengatasi masalah yang ada, dan juga uji coba di lapangan dengan menggunakan metode eksperimen, subjek terlebih dahulu mengikuti pre-test, kemudian diberikan perlakuan melalui pembelajaran Praktikum rangkaian digital yang berbasis online, dan diakhiri dengan pelaksanaan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap Pelaksanaan Praktikum dengan Circuit Verse secara signifikansi, dibuktikan dengan hasil uji t dengan skor signifikansi lebih kecil dari ambang batas (0,05) sebesar 0,000 < 0,05 = terdapat perbedaan (peningkatan skor) antara pre-test dan post-test. Pendekatan kolaborasi daring juga meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Produk penelitian ini meliputi modul pembelajaran, panduan penggunaan portal akademik, buku ajar, dan panduan praktikum. Dampak penelitian ini meliputi kemudahan dalam mengerjakan tugas Praktikum, fleksibilitas, dan pengalaman belajar interaktif yang mendukung penguasaan teori dan keterampilan praktikum. Temuan ini berkontribusi terhadap optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi di bidang teknik. Kata Kunci: model addie; kolaborasi; sirkuit digital; pembelajaran daring; simulator
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:26 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:26 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |