PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) NUMERASI JUMP BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS III SDN 03 KINALI PASAMAN BARAT

Hayfa, Dzakiyyah (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) NUMERASI JUMP BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS III SDN 03 KINALI PASAMAN BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI HAYFA DZAKIYYAH-COVER - BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI HAYFA DZAKIYYAH- BAB II - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Pembelajaran yang kurang interaktif sering kali menjadi permasalahan, dikarenakan murid kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Dalam hal ini diperlukan adanya alat intruksional yang sesuai dan dapat mencapai tujuan pembelajaran, salah satunya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan sumber daya pendidikan cetak yang disajikan dalam format lembaran kertas yang mencakup materi, ringkasan, dan arahan melaksanakan tugas murid. Untuk itu dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Numerasi Jump berbasis Discovery Learning dengan kategori valid, praktis, dan efektif agar dapat meningkatkan motivasi murid dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu model plomp, yang memiliki tiga tahap penelitian. Tahapannya adalah investigasi awal, perancangan prototipe, dan penilaian. Untuk menguji validitas produk oleh validator yang merupakan dosen menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang dinilai oleh guru dan angket efektifitas dinilai oleh murid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Numerasi Jump berbasis Discovery Learning ini dikembangakan dengan model plomp dan memperoleh hasil yang sesuai dengan tiga kriteria penilaian. Pertama validasi produk memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktikalitas produk memperoleh nilai 96% dengan kategori sangat praktis dan hasil efektifitas memeproleh nilai 89% dengan kategori sangat efektif. LKPD ini mencapai kriteria valid, praktis dan efektif, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar murid.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Numerasi Jump, Discovery Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:41
Last Modified: 19 Jun 2025 08:41
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3621

Actions (login required)

View Item View Item