Hayfa, Dzakiyyah (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) NUMERASI JUMP BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS III SDN 03 KINALI PASAMAN BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI HAYFA DZAKIYYAH-COVER - BAB I.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI HAYFA DZAKIYYAH- BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
Pembelajaran yang kurang interaktif sering kali menjadi permasalahan, dikarenakan murid kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Dalam hal ini diperlukan adanya alat intruksional yang sesuai dan dapat mencapai tujuan pembelajaran, salah satunya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan sumber daya pendidikan cetak yang disajikan dalam format lembaran kertas yang mencakup materi, ringkasan, dan arahan melaksanakan tugas murid. Untuk itu dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Numerasi Jump berbasis Discovery Learning dengan kategori valid, praktis, dan efektif agar dapat meningkatkan motivasi murid dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu model plomp, yang memiliki tiga tahap penelitian. Tahapannya adalah investigasi awal, perancangan prototipe, dan penilaian. Untuk menguji validitas produk oleh validator yang merupakan dosen menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang dinilai oleh guru dan angket efektifitas dinilai oleh murid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Numerasi Jump berbasis Discovery Learning ini dikembangakan dengan model plomp dan memperoleh hasil yang sesuai dengan tiga kriteria penilaian. Pertama validasi produk memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktikalitas produk memperoleh nilai 96% dengan kategori sangat praktis dan hasil efektifitas memeproleh nilai 89% dengan kategori sangat efektif. LKPD ini mencapai kriteria valid, praktis dan efektif, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar murid.
Actions (login required)
![]() |
View Item |