Siti Faizatun, Nikmah (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM KURIKULUM MERDEKA (STUDI KELAS VII DI SMPN 24 PADANG). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
TESIS SITI FAIZATUN NIKMAH- COVER - BAB I.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS SITI FAIZATUN NIKMAH-BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah : beda antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di setiap jenjang pendidikan dapat ditilik berdasarkan kerangka dasar kurikulum, kompetensi yang dituju, struktur kurikulum, penilaian, pembelajaran, perangkat ajar yang disediakan pemerintah, dan peringkat kurikulum masing-masing. Kurikulum Merdeka berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila. Implementasi Kurikulum Merdeka bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kesiapan setiap sekolah. Kurikulum merdeka belajar dikatakan berhasil jika penerapan pada kaitan pelaksanaan dan penilaiannya sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh guru khususnya pendidikan agama Islam dan Budi pekerti. Fokus penelitian dalam kajian ini: bagaimanakah analisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi pekerti kelas VII di SMPN 24 Padang?. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Analisis perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka belajar, 2) Analisis pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka belajar, 3) Analisis penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka belajar di SMPN 24 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya, data yang sudah terkumpul lalu diolah, dan dianalisis serta disimpulkan dengan cara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis merdeka belajar, sekolah membentuk tim Guru PAI dan Budi Pekerti untuk melakukan kordinasi, serta menyusun kalender pendidikan,Prota, Promes, modul berdasarkan kurikulum mardeka belajar yang diterapkan di SMPN 24 Padang. 2) SMPN 24 Padang dalam melaksanakan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pihak sekolah tidak mengintervensi Guru dan murid, sehingga susana belajar di kelar berlangsung efektif. Guru dan Murid dalam melaksanakan pembelajaran dikelas menekankan pentingnya akan tujuan materi, kemandirian, dan aplikasi pada kehidupan sehari-hari. 3) SMPN 24 Padang menekankan bahwa instrument penilian tidak cukup dengan tes tulis maupun lisan, tetapi instrument refleksi menjadi instrument tambahan dalam penilaian proses pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:45 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:45 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |