Naria, Ulfa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY( TSTS) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AL – QUR’AN HADIST DI MAS TI BATANG KABUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI NARIA ULFA - COVER - BAB I.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NARIA ULFA - BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MAS TI Batang Kabung. Model pembelajaran TSTS merupakan salah satu pendekatan kooperatif yang mendorong siswa untuk bekerja dalam kelompok, bertukar informasi, dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MAS TI Batang Kabung, (2) bagaimana tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis, dan (3) apakah terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi, dengan jumlah populasi sebanyak 50 siswa di MAS TI Batang Kabung. Data dianalisis menggunakan SPSS 23, termasuk uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TSTS berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan siswa. Uji linearitas menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menandakan adanya hubungan linear antara model pembelajaran TSTS (X) dan keaktifan siswa (Y). Selain itu, hasil uji r square menunjukkan bahwa 61,8% keaktifan siswa dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran TSTS, sementara 38,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis. Oleh karena itu, diharapkan metode ini dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman siswa.
Actions (login required)
![]() |
View Item |