Ahmad Dahlan, Siregar (2025) ANALISIS KERJASAMA GURU PAI DAN PEMBINA ASRAMA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEDISIPLINAN SISWA DI PONDOK PESANTREN THAWALIB GUNUNG KOTA PADANG PANJANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
TESIS AHMAD DAHLAN SIREGAR- COVER - BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
TESIS AHMAD DAHLAN SIREGAR- BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya siswa yang masih terlambat bangun tidur, terlambat masuk kelas dalam proses pembelajaran, terlambat dalam mengikuti shalat berjamaah dan sebagainya. Seperti yang diketahui bahwa kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting dan merupakan salah satu tujuan pendidikan. Pembentukan kedisiplinan siswa merupakan tanggung jawab lembaga pendidikan dengan seluruh tenaga kependidikan. Dalam menanamkan kedisiplinan kepada siswa sangat penting dibangun kerjasama dengan berbagai pihak terutama guru dan pembina asrama. Tujuannya adalah agar siswa dapat memahami kedisiplinan,meningkatkan pengetahuan, d an untuk memperbaiki kedisiplinan siswa di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kerjasama guru pendidikan agama Islam dan pembimbing asrama di pondok pesantren Thawalib Gunung Kota Padang Panjang dalam membentuk kedisplinan pada siswa, nilai-nilai kedisiplinan yang dibentuk kerjasama guru pendidikan agama Islam dan pembimbing asrama di Pondok Pesantren Thawalib Gunung Kota Padang Panjang dalam membentuk kedisplinan pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek penelitian nya adalah: kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, pembimbing asrama dan siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Data yang diperlukan analisis dengan beberapa tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kerjasama guru pendidikan agama Islam dan pembina asrama dalam membentuk kedisiplinan pada siswa di Pesantren Thawalib Gunung Kota Padang Panjang adalah: 1) program koordinasi rutin, 2) program pembinaan karakter islami, 3) program penerapan aturan berbasis nilai Islam, 4) program kegiatan keagamaan di asrama, 5) program monitoring dan evaluasi disiplin siswa dan 6) program teladan sikap disiplin. Nilai-nilai kedisiplinan yang dibentuk oleh kerjasama guru pendidikan agama Islam dan pembina asrama di Pesantren Thawalib Gunung Kota Padang Panjang adalah: 1) nilai kedisiplinan tanggung jawab, 2) nilai kedisiplinan tepat waktu, 3) nilai kedisiplinan ketaatan, 4) nilai kedisiplinan istiqamah (konsistensi), 5) nilai kedisiplinan mandiri, 6) nilai kedisiplinan jujur, 7) nilai kedisiplinan ketekunan dan 8) nilai kedisiplinan kepedulian dan kerjasama
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama, Kedisiplinan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 04:13 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 04:13 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |