Kisnovita, Kisnovita (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI (F1) DI SMAN 13 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRPSI KISNOVITA NIM 21030007- COVER - BAB I.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKRPSI KISNOVITA NIM 21030007- BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI di SMAN 13 Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, siswa, dan wakil kepala sekolah, observasi pembelajaran, serta dokumentasi perangkat ajar dan hasil evaluasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan melalui tiga tahap. Pertama, pada tahap perencanaan, guru menggunakan asesmen diagnostik untuk memetakan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa yang menjadi dasar penyusunan ATP, modul ajar, serta strategi pembelajaran adaptif. Kedua, pada tahap pelaksanaan, guru menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran dengan karakteristik siswa melalui teknik kreatif seperti apresiasi, ice breaking, MARSHA, teka-teki silang, dan diskusi kelompok, sehingga mendorong keaktifan, kepercayaan diri, dan relevansi materi dengan konteks nyata. Ketiga, pada tahap evaluasi, digunakan asesmen autentik formatif dan sumatif berupa tes lisan, tertulis, dan penilaian sikap yang menekankan pemahaman kontekstual serta internalisasi nilai keagamaan.
Actions (login required)
![]() |
View Item |