Rafel, Satria (2025) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SD TAHFIZH AL-QUR’AN AN-NAAJIYA PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
TESIS RAFEL SATRIA- COVER - BAB I.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
TESIS RAFEL SATRIA- BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan dasar merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter dan kemampuan intelektual peserta didik. Salah satu elemen utama dalam menjamin kualitas pendidikan di sekolah dasar adalah kompetensi guru. Guru yang kompeten tidak lepas dari peran kepala sekolah dalam manajerial. Manajemen kepala sekolah mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap seluruh sumber daya sekolah, termasuk pengembangan kompetensi guru. Dalam konteks sekolah berbasis keagamaan seperti SD Tahfizh Al-Qur'an An-Naajiya, manajemen kepala sekolah memiliki tantangan dan keunikan tersendiri. Sekolah ini tidak hanya menekankan pada capaian akademik, tetapi juga pada hafalan dan pemahaman nilai-nilai Al-Quran. Oleh karena itu, kepala sekolah harus mampu mengintegrasikan pendekatan manajerial yang selaras dengan visi misi keislaman serta kebutuhan profesional guru. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan di SD Tahfizh Al-Qur'an An-Naajiya dengan objek penelitian kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan. Intrumen penelitian ini adalah format wawancara, lembar observasi dan dokumentasi, teknik analisis data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan meliputi penyusunan program kerja berbasis peningkatan kompetensi guru, rapat koordinasi bulanan (terbagi per bidang: tahfizh, mata pelajaran, wali kelas), upgrading guru dengan narasumber eksternal (e.g., pelatihan metode tahfizh klasikal), dan service training internal. Program ini mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan standar bacaan Al-Quran dari lembaga Jam‟iyyah Tahsin Tahfizh Jami‟ Abu Darda‟. 2. Implementasi dilakukan melalui motivasi aktif kepala sekolah (e.g., dorongan menyelesaikan hafalan 30 juz, studi lanjut S2/S3), penyediaan fasilitas (modul ajar, Al-Quran gratis, proyektor, wifi), serta penguatan budaya religius (kajian pekanan, disiplin ibadah, budaya 5S). 3. Evaluasi mencakup supervisi kelas langsung, rapat evaluasi per jenjang kelas, pelaporan bulanan setoran hafalan guru tahfizh, dan monitoring kinerja oleh wakil kepala sekolah dan koordinator bidang. Kepala sekolah berperan sebagai educator, manager, innovator, dan motivator dengan strategi integratif antara pendekatan manajerial modern dan nilai spiritual. Tantangan utama adalah keterbatasan sarana (LCD/sound system per kelas) dan dinamika koordinasi pascapergantian koordinator tahfizh. Penelitian merekomendasikan penguatan kolaborasi dengan stakeholder dan pengembangan sistem reward berbasis kinerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Sekolah Tahfizh, Pendidikan Islam. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:56 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:56 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |