IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD IT MUTIARA KOTA PARIAMAN

Eri, Suwanti (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD IT MUTIARA KOTA PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS ERI SUWANTI- COVER - BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
TESIS ERI SUWANTI- BAB II - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD IT Mutiara Kota Pariaman meliputi aspek kesiapan guru, sumber daya, karakteristik siswa, waktu dan beban kerja guru, evaluasi yang holistik, serta dukungan dari stakeholder. Penanganan permasalahan ini menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan kurikulum agar tujuan pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik dapat tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD IT Mutiara Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian adalah 1) Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD IT Mutiara Kota Pariaman telah disusun dan dilaksanakan secara sistematis dan kontekstual, sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berpusat pada siswa dan penguatan karakter. Perencanaan ini melibatkan penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar yang tidak hanya berorientasi pada capaian kompetensi akademik, tetapi juga pada penanaman nilai-nilai keislaman dan Profil Pelajar Pancasila, 2) Proses Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui kegiatan indoor dan outdoor di SD IT Mutiara Kota Pariaman telah berhasil menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Kegiatan indoor berfokus pada penguatan konsep keagamaan melalui diskusi, presentasi, dan pemanfaatan media pembelajaran digital, sementara kegiatan outdoor memberikan pengalaman langsung dalam praktik ibadah, proyek sosial keagamaan, serta pembiasaan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan nyata, 3) Evaluasi dalam implementasi/pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD IT Mutiara Kota Pariaman menunjukkan bahwa proses pembelajaran telah berjalan secara efektif dan relevan dengan tujuan pendidikan karakter dan nilai-nilai keislaman. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, hingga hasil belajar siswa. Melalui asesmen formatif, sumatif, dan autentik, terlihat bahwa siswa tidak hanya memahami materi secara kognitif, tetapi juga mengalami perkembangan dalam aspek afektif dan perilaku, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kedisiplinan beribadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SD IT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2025 08:15
Last Modified: 19 Sep 2025 08:15
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3705

Actions (login required)

View Item View Item