Ramadhani, Ramadhani (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS III MIN 2 PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
TESIS RAMADHANI- COVER - BAB I.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS RAMADHANI- BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berfokus pada Implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dilaksanakan oleh MIN 2 Padang Pariaman pada mata pelakaran Akidah Akhlak di kelas III. Akidah Akhlak merupakan eIemen pertama daIam Pendidikan Agama lslam yang sanagt penting dan menjadi perhatian khusus dalam pelaksanaannya. Penerapan kurikulum merdeka di MIN 2 Padang Pariaman diterapkan secara bertahap, sehingga penelitian ini sengaja dilakukan untuk melihat bagaimana upaya guru dalam menerpakan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak di keIas III MIN 2 Padang Pariaman. Metode yang digunakan daIam peneIitian ini yaitu metode kuaIitatif, Tujuannya untuk menjawab permasaIahan yang teIah di identifikasi, diIakukan dengan teknik pendekatan anaIisis deskriptif. Pada peneIitian ini menggambarkan dan menguraikan kondisi yang sedang berlangsung berdasarkan fakta dan informasi yang diperoleh dari Iapangan, kemudian dianaIisis dengan mempertimbangkan hubungan antar variabeI. Subjek utama pada peneIitian ini yaitu guru mata peIajaran Akidah Akhlak di MIN 2 Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas III MIN 2 Padang Pariaman sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari : 1. Tujuan pelaksanaan mata pelajaran akidah akhlak di MIN 2 Padang Pariaman ialah menjadikan pembelajaran akidah akhlak sebagai pelajaran yang sangat penting dalam Pendidikan Agama Islam karena menjadi pedoman hidup bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan yang penuh berkah di dunia serta sebagai bekal menuju akhirat dan diharapkan peserta didik mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 2. Pelasanaan kurikulum merdeka memiliki beberapa tahapan. Yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP). Guru berperan penting dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendukung pencapaian akhlak mulia pada peserta didik. 3. Pelaksanaan evaluasi KurikuIum Merdeka pada mata peIajaran Akidah Akhlak di keIas III MlN 2 Padang Pariaman diIakukan secara komprehensif dan berkelanjutan. Proses ini meliputi peninjauan materi, metode pembelajaran, respons siswa, serta capaian belajar untuk memastikan kurikulum berjalan optimal, relevan, dan selaras dengan tujuan. Temuan dari evaluasi digunakan sebagai acuan dalam menyempurnakan serta mengembangkan kurikulum demi memperkuat pembentukan akhlak dan karakter peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:57 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:57 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |