PENERAPAN METODE BERCERITA PADA MATERI KISAH NABI IBRAHIM AS KELAS II DI SD NEGERI 13 UJUNG LABUNG KABUPATEN AGAM

Doli, Yarselina (2025) PENERAPAN METODE BERCERITA PADA MATERI KISAH NABI IBRAHIM AS KELAS II DI SD NEGERI 13 UJUNG LABUNG KABUPATEN AGAM. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Skripsi Doli Yarselina- Cover - Bab I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Doli Yarselina- Bab II - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode bercerita pada peserta didik dengan materi kisah nabi Ibrahim As di kelas II SD Negeri 13 Ujung Labung Kabupaten Agam. Metode bercerita adalah metode yang dimana guru harus bisa mengeskpresikan cerita yang disampaikan sehingga siswa mampu mengilustrasikannya dan cerita itu seolah-olah bisa hadir di saat belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest postest. Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan intrumen tes soal. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan soal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 13 Ujung Labung Kabupaten Agam. Setelah dilakukan analisis data didapati bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan metode bercerita (pretest) masih tergolong rendah. Sebagian besar peserta didik berada pada kategori “Kurang” dan “Cukup”, dengan nilai rata-rata 43,75, nilai terendah 18,75, dan nilai tertinggi 75,00 (2) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan metode bercerita (posttest) mengalami peningkatan yang signifikan. Sebagian besar peserta didik berpindah ke kategori “Baik” dan “Sangat Baik”, dengan nilai rata-rata 43,75, nilai terendah 62,50, dan nilai tertinggi 100. (3) Evaluasi secara keseluruhan yaitu dilihat pada hasil Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh penggunaan metode bercerita pada materi kisah nabi Ibrahim As di kelas II SD Negeri 13 Ujung Labung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode, bercerita, kisah, nabi Ibrahim As
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:22
Last Modified: 26 Sep 2025 08:22
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item