Edi, Nofrial (2025) PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI MASALAH BULLYING DI SMP IT ADZKIA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
TESIS EDI NOFRIAL- COVER - BAB I.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
TESIS EDI NOFRIAL- BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Bullying merupakan salah satu permasalahan sosial yang masih terjadi di lingkungan sekolah, termasuk di sekolah berbasis Islam seperti SMP IT Adzkia Padang. Perilaku bullying tidak hanya berdampak pada aspek psikologis korban, tetapi juga mengganggu iklim pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk bullying yang terjadi, mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya, serta menganalisis peran dan strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi masalah bullying di SMP IT Adzkia Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, guru BK, kepala sekolah, siswa, dan orang tua. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bullying di SMP IT Adzkia Padang terjadi dalam bentuk verbal, fisik, sosial, dan digital, dengan bullying verbal sebagai bentuk paling dominan; (2) faktor penyebab bullying meliputi lemahnya empati siswa, pola asuh yang tidak tepat, pengaruh media sosial, serta minimnya internalisasi nilai-nilai keislaman; (3) guru PAI berperan sebagai pendidik nilai, pembimbing spiritual, fasilitator mediasi, dan teladan moral dalam mengatasi bullying; (4) strategi yang digunakan mencakup pendekatan preventif (penanaman nilai Islam dan pembiasaan sikap positif), kuratif (bimbingan personal dan mediasi damai), serta edukatif (mentoring, proyek antikekerasan, dan kampanye dakwah kreatif). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru PAI memiliki kontribusi yang signifikan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bullying melalui pendekatan keagamaan dan pembinaan karakter. Rekomendasi ditujukan bagi guru, sekolah, orang tua, dan pembuat kebijakan agar memperkuat kolaborasi, integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan, serta pengembangan model pembinaan karakter yang responsif terhadap tantangan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bullying, guru Pendidikan Agama Islam, strategi pembinaan, pendidikan karakter, sekolah Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 04:09 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 04:09 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |