PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCATION WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 48 GANTING KOTA PADANG

Lili, Rahmayani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCATION WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 48 GANTING KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Skripsi Lili Rahmayani - Cover - Bab I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Lili Rahmayani - Bab II - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis digital sangat mempengaruhi kemajuan pendidikan. Namun beberapa sekolah masih jarang menerapkannya, contohnya pembelajaran di kelas V.B SDN 48 Ganting Kota Padang. Akibatnya murid merasa bosan menjalani kegiatan pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar. Hal tersebut melandasi peneliti dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Game Education Wordwall pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN 48 Ganting Kota Padang, dengan tujuan mengembangkan media digital dalam membantu meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develpoment (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengembangan ini divalidasi oleh validator berdasarkan tiga aspek, yakni aspek isi, aspek desain dan aspek Bahasa, kemudian dinilai kepraktisan produk oleh guru, selanjutnya uji keefektifan oleh 24 murid kelas V.B SDN 48 Ganting Kota Padang melalui pengisian angket efektifitas dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pelajaran matematika dengan media pembelajaran Game Education Wordwall materi Perbandingan kelas V SDN 48 Ganting Kota Padang dinilai dari validitas keseluruhan aspek memperoleh nilai sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas dari keseluruhan aspeknya adalah sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. Adapun nilai efektifitas yang diperoleh dari angket dan tes hasil belajar murid mencapai nilai 86% dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game Education Wordwall, Matematika, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:47
Last Modified: 13 Oct 2025 08:47
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item View Item