PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL RESEARCH BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 28 DURIAN GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG

Ardia Meski, Redita (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL RESEARCH BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 28 DURIAN GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI ARDIA MESKI REDITA-COVER-BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI ARDIA MESKI REDITA-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Kurang aktifnya dalam kelas dimana guru lebih dominan menyampaikan materi sementara itu murid hanya menerima informasi menyebabkan murid kurang optimal dalam belajar. Dalam hal ini diperlukan adanya alat intruksional yang sesuai dan dapat mencapai tujuan pembelajaran, salah satunga E-modul. E-modul adalah bahan ajar digital yang terdapat didalamnya teks,gambar, animasi dan video yang diakses di manapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan E-Modul yang mengadopsi metode Research Based Learning (RBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi “Bunyi dan Sifat-sifatnya” di kelas V SDN 28 Durian Gadang Kabupaten Sijunjung dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar murid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang yang digunakan yaitu model 4D yang memiliki empat tahapan penelitian. Tahapannya adalah tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (pendefenisian). Untuk menguji validitas produk oleh validator yang merupakan dosen menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang dinilai oleh guru dan angket efektifitas dinilai oleh murid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan e-modul tersebut hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa e-modul yang menggunakan model Research Based Learning (RBL) ini yang dikembangkan dengan model 4D dan memperoleh hasil yang sesuai dengan tiga kriteria penilaian. Pertama validasi produk memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktikalitas produk memperoleh nilai 96% dengan kategori sangat praktis dan hasil efektifitas memperoleh nilai 87% dengan kategori sangat efektif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar murid.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-modul, RBL, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:20
Last Modified: 21 Oct 2025 03:20
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3771

Actions (login required)

View Item View Item