ANALISIS KECERDASAN SOFT SKILL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PERUBAHAN PERILAKU PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD IT) ADZKIA 1 PADANG.

Nofrizal, Nofrizal (2025) ANALISIS KECERDASAN SOFT SKILL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PERUBAHAN PERILAKU PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD IT) ADZKIA 1 PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS NOFRIZAL - COVER - BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS NOFRIZAL - BAB II - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada soft skill atau keterampilan non-teknis guru sangat penting. Soft skills seperti komunikasi yang baik, empati, keterampilan mengelola kelas, dan kemampuan untuk memberikan motivasi dapat berpengaruh langsung terhadap hasil belajar Peserta didik dan perubahan perilaku mereka. Keterampilan guru dalam bidang ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan efektif. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah: Pertama, menjelaskan bentuk-bentuk kecerdasan soft skill guru Pendidikan Agama Islam di SD IT Adzkia 1 Padang. Kedua, menjelaskan aspek-aspek soft skill yang paling berpengaruh dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD IT Adzkia 1 Padang. Ketiga untuk mengetahui hubungan antara penguasaan soft skill oleh guru PAI dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. Keempat untuk menjelaskan tentang soft skill guru PAI dapat mempengaruhi perubahan perilaku peserta didik dalam konteks pembelajaran PAI di SD IT Adzkia 1 Padang. Penelitian ini, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas tinggi dan 20 Peserta didik SD IT Adzkia 1 Padang menjadi informan utama. Alat yang digunakan peneliti sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data adalah proses mengorganisasikan dan memilah data ke dalam pola, kategori dan satuan deskriptif dasar, sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja sebagaimana yang disarankan oleh data. Hasil penelitian ini menemukan yaitu Pertama, bentuk-bentuk kecerdasan soft skill guru Pendidikan Agama Islam di SD IT Adzkia 1 Padang terdiri dari kecerdasan komunikasi, kecerdasan empati, kecerdasan motivasional, kecerdasan keteladanan, dan kecerdasan kolaboratif. Kedua, aspek soft skill yang paling menonjol pada guru Pendidikan Agama Islam di SD IT Adzkia 1 Padang menurut Peserta didik adalah empati, sedangkan menurut guru Pendidikan Agama Islam, Guru Mata Pelajaran, dan wali kelas, aspek soft skill yang paling berpengaruh adalah kecerdasan interpersonal dan kecerdasan komunikasi serta kecerdasan sosial. Ketiga, kemampuan soft skill guru PAI terbukti memiliki hubungan yang sangat penting terhadap peningkatan hasil belajar Peserta didik. Keempat, kemampuan soft skill guru PAI terbukti memiliki hubungan yang sangat penting terhadap perubahan perilaku Peserta didik. Perubahan perilaku yang dialami Peserta didik adalah perubahan akhlah, ibadah Peserta didik dan interaksi sosialnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:58
Last Modified: 21 Oct 2025 03:58
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item