Vio Juliana, Yendri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI VIO JULIANA (21050004)-BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
|
Text
SKRIPSI VIO JULIANA (21050004)-COVER-BAB I.pdf Download (4MB) |
Abstract
Media Pembelajaran Quizizz merupakan salah satu media pembelajaran atau platfrom digital yang berbasis game yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang masih menggunakan media konvesional dan menyebabkan kurangnya minat belajar murid. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Game Quizizz pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang untuk meningkatkan minat belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dari aspek isi, desain, dan bahasa. Selain itu, untuk melihat kepraktisan produk yang dinilai oleh guru. Sedangkan untuk uji keefektifan oleh 26 murid kelas IV menggunakan angket efektifitas,angjet minat belajar serta tes hasil belajar. Hasil penelitian pelajaran matematika dengan media pembelajaran Game Quizizz materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang dinilai dari validitas keseluruhan aspek memperoleh nilai 88% dengan sangat valid. Sedangkan nilai praktikalitas dilihat dari keseluruhan aspek mendapatkan nilai sebesar 91% dengan sangat praktis. Hasil nilai efektifitas yang diperoleh dari angket efektifitas,angket minat murid dan hasil tes belajar mencapai nilai sebesar 88% dengan sangat efektif.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
