PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG

Vio Juliana, Yendri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI VIO JULIANA (21050004)-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
SKRIPSI VIO JULIANA (21050004)-COVER-BAB I.pdf

Download (4MB)

Abstract

Media Pembelajaran Quizizz merupakan salah satu media pembelajaran atau platfrom digital yang berbasis game yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang masih menggunakan media konvesional dan menyebabkan kurangnya minat belajar murid. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Game Quizizz pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang untuk meningkatkan minat belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dari aspek isi, desain, dan bahasa. Selain itu, untuk melihat kepraktisan produk yang dinilai oleh guru. Sedangkan untuk uji keefektifan oleh 26 murid kelas IV menggunakan angket efektifitas,angjet minat belajar serta tes hasil belajar. Hasil penelitian pelajaran matematika dengan media pembelajaran Game Quizizz materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang dinilai dari validitas keseluruhan aspek memperoleh nilai 88% dengan sangat valid. Sedangkan nilai praktikalitas dilihat dari keseluruhan aspek mendapatkan nilai sebesar 91% dengan sangat praktis. Hasil nilai efektifitas yang diperoleh dari angket efektifitas,angket minat murid dan hasil tes belajar mencapai nilai sebesar 88% dengan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Minat, Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:06
Last Modified: 22 Oct 2025 02:06
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3775

Actions (login required)

View Item View Item