Azizah Jum'ati, Siswendi (2025) STRATEGI PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MODEL VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 10 PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI AZIZAH JUM'ATI-COVER-BAB I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
SKRIPSI AZIZAH JUM'ATI-BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTsN 10 Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi model VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa, (2) menjelaskan penerapan model VAK di kelas, dan (3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model deskriptif. Data diperoleh melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan guru Bahasa Arab dan dokumentasi kegiatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII⁶ MTsN 10 Pesisir Selatan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi VAK dilaksanakan dengan memadukan media visual berupa gambar, auditori melalui pengulangan pelafalan, serta kinestetik melalui gerakan yang merepresentasikan makna kosakata. Penerapan VAK berlangsung secara terstruktur mulai dari pengenalan, latihan, hingga penguatan makna melalui aktivitas gerak, sejalan dengan teori pembelajaran multisensori. Faktor pendukungnya meliputi ketersediaan media, kreativitas guru, dan respon positif siswa, sementara hambatannya antara lain keterbatasan waktu, minimnya variasi media digital, serta rasa malu siswa. Secara keseluruhan, penerapan VAK terbukti efektif dengan peningkatan rata-rata penguasaan kosakata dari 4 kata menjadi 9 kata per pertemuan serta meningkatnya partisipasi aktif siswa di kelas.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
