STRATEGI PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MODEL VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 10 PESISIR SELATAN

Azizah Jum'ati, Siswendi (2025) STRATEGI PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MODEL VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 10 PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI AZIZAH JUM'ATI-COVER-BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AZIZAH JUM'ATI-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VIII di MTsN 10 Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi model VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa, (2) menjelaskan penerapan model VAK di kelas, dan (3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model deskriptif. Data diperoleh melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan guru Bahasa Arab dan dokumentasi kegiatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII⁶ MTsN 10 Pesisir Selatan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi VAK dilaksanakan dengan memadukan media visual berupa gambar, auditori melalui pengulangan pelafalan, serta kinestetik melalui gerakan yang merepresentasikan makna kosakata. Penerapan VAK berlangsung secara terstruktur mulai dari pengenalan, latihan, hingga penguatan makna melalui aktivitas gerak, sejalan dengan teori pembelajaran multisensori. Faktor pendukungnya meliputi ketersediaan media, kreativitas guru, dan respon positif siswa, sementara hambatannya antara lain keterbatasan waktu, minimnya variasi media digital, serta rasa malu siswa. Secara keseluruhan, penerapan VAK terbukti efektif dengan peningkatan rata-rata penguasaan kosakata dari 4 kata menjadi 9 kata per pertemuan serta meningkatnya partisipasi aktif siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model VAK, kosakata Bahasa Arab, pembelajaran, siswa MTsN 10 Pesisir Selatan
Subjects: D History General and Old World > Pendidikan Bahasa Arab
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Pendidikan Bahasa Arab
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:04
Last Modified: 06 Nov 2025 03:04
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3807

Actions (login required)

View Item View Item