Nelpia, Indriati (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS III SDN 006 SEROSAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI NELPIA INDRIATI - COVER-BAB I.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
SKRIPSI NELPIA INDRIATI - BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya minat belajar matematika murid kelas III SDN 006 Serosah Kabupaten Kuantan Singingi, merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini. model Problem Based Learning adalah konsep belajar yang memudahkan guru dan murid dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk memengetahui Pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan minat belajar Matematika murid kelas III SDN 006 Serosah Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Desain dari penulisan ini yaitu desain eksperimen semu, dilakukan menggunakan dua kelompok (eksperimen dan kontrol ). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh murid dari kelas III SDN 006 Serosah Kabupaten Kuantan Singingi dengan jumlah murid kelas III sebanyak 51 siswa tahun ajaran 2025/2026. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh problem based learning menggunakan media puzzle terhadap minat belajar matematika murid. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t yang menunjukan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat diartikan ada perbedaan yang signifikan antara perubahan minat belajar kelompok kontrol dan perubahan minat belajar kolompok eksperimen.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
