Kurniati, Zelvi (2025) Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP N 01 2x11 Enam Lingkung. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2025 (2) - Azri Rifalda-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2025 (1) - ZELVI KURNIATI-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Pertama, siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran menulis teks fabel. Kedua, siswa merasa kesulitan untuk menentukan struktur teks fabel. Ketiga, siswa mengalami kesulitan dalam merangkai kata menggunakan kaidah kebahasaanyang tepat dan menuangkan ide atau gagasan dalam menulis teks fabel. Keempat, pemilihaan media yang kurang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis teks fabel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dua kali pertemuan. Pertama,kelas kontrol tanpa menggunakan media audio visual youtube channel studycle kids. Kedua, kelas eksperimen menggunakan media audio visual youtube channel studycle kids. Teknik analisis data, yaitu membaca dan memeriksa teks fabel yang ditulis siswa, mengubah skor menjadi nilai, mengklasifikasikan kemampuan menulis teks fabel dengan acuan persentase, mengklasifikasikan kemampuan menulis teks fabel siswa kelas kontrol dan kelas ekperimen, melakukan uji normalitas, melakukan uji homogenitas, melakukan uji hipotesis, dan menyimpulkan hasil dan pembahasan. Hasil penelitian ini adalah menyimpulkan bahwa: Kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP N 01 2x11 Enam Lingkung tanpa menggunakan media audio visual youtube nilai rata-rata 75,69 berklasifikasi lebih dari cukup dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), 80. Kemampuan menulis teks fabel siswa VII SMP N 01 2x11 Enam Lingkung menggunakan media audio visual youtube channel studycle kids nilai rata-rata 80,09 berklasifikasi baik dan sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), 80. Pengujian hasil hipotesis pada kolom sig (2-tailed) menunjukan angka 0,004<0,005. Hasil ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, t hitung sebesar 3,510 dan ti tabel (0,05/2);df sebesar 2,032,artinya thitung = 3,510 > t 2,032. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual youtube channel studycle kids terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP N 01 2x11 Enam Lingkung. Media audio visual youtube channel studycle kids dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:06 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:06 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
