Al Jihadul, Haq (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU CAHAYA MAKKAH PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
TESIS AL JIHADUL HAQ - COVER-BAB I.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
TESIS AL JIHADUL HAQ - BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa di SMP IT Cahaya Makkah Pasaman Barat. Kecerdasan spiritual dan emosional merupakan dua aspek penting dalam perkembangan karakter peserta didik yang sejalan dengan tujuan pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru PAI, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP IT Cahaya Makkah Pasaman Barat adalah dengan menanamkan integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran, pembiasaan ibadah harian, pembinaan akhlak melalui keteladanan. Kedua, strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa dengan menyelenggarakan program mentoring, sesi konseling, serta pembiasaan yang menanamkan nilai pengendalian diri, kesabaran, empati, dan kemampuan menyikapi konflik secara bijak serta konseling Islami dalam mengelola emosi siswa. Strategi tersebut terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa yang religius, sabar, empatik, dan bertanggung jawab. Ketiga, Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi ini adalah lingkungan sekolah yang kondusif dan kolaborasi antara guru, orang tua, serta pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pengaruh negatif media sosial, perbedaan latar belakang keluarga siswa dan keterbatasan waktu dalam membina aspek non-akademik secara mendalam. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru PAI dalam pengembangan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan spiritual dan emosional serta pentingnya keterlibatan seluruh komponen sekolah dalam mendukung proses pembinaan karakter siswa secara holistik.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 02:54 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 02:54 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
