Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Siswa Kelas XI MA KMM Muhammadiyah Padangpanjang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Zanuari, Ilham (2024) Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Siswa Kelas XI MA KMM Muhammadiyah Padangpanjang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (1) - ILHAM ZANUARI-BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
2024 (1) - ILHAM ZANUARI-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan menulis cerita pendek siswa, terutama pada aspek intrinsik cerita pendek. Faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan menulis teks cerita pendek siswa di antaranya: (1) siswa belum mampu mengembangkan alur cerita, (2) siswa belum mampu mengembangkan latar cerita cerita, (3) siswa belum mampu mengembangkan sudut pandang cerita, (4) siswa belum mampu mengembangkan gaya bahasa cerita, (5) siswa belum mampu mengembangkan tokoh dan penokohan cerita, (6) siswa kurang mampu mengembangkan tema cerita, dan (7) siswa belum mampu mengembangkan amanat cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis Teks Cerita Pendek Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Siswa Kelas XI MA KMM Muhammadiyah Padangpanjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2024-2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas XI ITT MA KMM Muhammadiyah Padangpanjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan langkah-langkah yang telah ditentukan, yaitu: (1) mengoreksi tulisan teks cerita pendek siswa sesuai dengan indikator penilaian, (2) mengubah skor kemampuan menulis teks cerita pendek menjadi nilai berdasarkan pedoman acuan patokan, (3) pembuatan klasifikasi nilai ke dalam patokan persentasi skala 10, (4) pengklasifikasian nilai siswa per indikator, (5) menentukan nilai rata-rata kemampuan menulis teks cerita pendek, dan (6) menganalisis dan membahas data. Bersarkan analisis data yang dilakukan, rata-rata kemampuan menulis teks cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing siswa kelas XI ITT MA KMM Muhammadiyah Padangpanjang pada nilai rata-rata keseluruhan indikator 80,58. Dengan demikian dapat disimpulkan kualifikasi kemampuan menulis secara umum baik dengan ra-rata nilai 80,58. Dengan demikian, metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat direkomendasikan sebagai salah satu metode pembelajaran menulis khusus teks cerita pendek di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:42
Last Modified: 07 Nov 2025 07:42
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3831

Actions (login required)

View Item View Item