Efektivitas Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Resensi Siswa Kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang

Putri, Yosa Muliana (2024) Efektivitas Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Resensi Siswa Kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (2) - YOSA MULIANA PUTRI-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2024 (2) - YOSA MULIANA PUTRI-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan di MA KM Muhammadiyah Padangpanjang dalam pembelajaran teks resensi masih menggunakan metode berbasis ceramah sehingga membuat peserta didik kurang berpikir aktif dan hanya menggandalkan ingatan dari penjelasan pendidik yang kemungkinan tidak dapat dipahami sepenuhnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan model berbasis penemuan atau discovery learning agar menuntut efektivitas peserta didik aktif berpatisipasi selama melakukan proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen design atau eksperimen semu. Populasi penelitian, siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang (65) orang dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes unjuk kerja dan lembaran observasi. Data dinilai sesuai rubrik penilaian, dan dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan uji hipotesis uji-t (t-test) independent sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan: (1) Pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dalam keterampilan menulis teks resensi berjalan lancar dengan peserta didik dapat menemukan, menyelidiki, dan memperoleh kesimpulan berupa ilmu pengetahuan agar bertahan lama di ingatan. (2) Terdapat penerapan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, yaitu respon peserta didik sangat antusias untuk belajar karena didukung dengan pemanfaatan teknologi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata menulis teks resensi kelas kontrol indikator sebesar (76,61) dan (41,5) sedangkan kelas eksperimen (85,08) dan (59,57) sehingga dapat disimpulkan kelas ini lebih efektif. Hasil pengujian nilai uji independent sampel t-test (uji –t) adalah t (516,84 dan 997,49) sementara t tabel 1,998 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk 63. Jadi, t hitung ttabel .sehingga dikatakan penghitungan H1 diterima dan H ditolak. Hal ini dimaksudkan terdapat keefektivan penggunaan model discovery learning untuk penulisan teks resensi pada siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:32
Last Modified: 10 Nov 2025 02:32
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item