Efendi, Ardila Yasa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Komik Pada Materi Bilangan Bulat Untuk Kelas Vii Smp Negeri 5 Padang Panjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2023 - ARDILA YASA EFENDI-BAB I.pdf Download (745kB) |
|
|
Text
2023 - ARDILA YASA EFENDI-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil wawancara dengan guru matematika kelas VII di SMP Negeri 5 Padang Panjang, diketahui. banyak siswa yang belum mendapatkan hasil belajar yang baik, siswa sering tidak fokus ketika guru menjelaskan materi, pembelajaran hanya dilakukan dengan metode konvensional, minat membaca siswa yang kurang dan banyak siswa yang keliru pada operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Oleh karena itu, peneliti melakukan sebuah penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis E-Komik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai salah satu solusi alternative untuk mengoptimalkan pembelajaran terutama dalam memahami konsep matematika. Penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: 1. Tahap (Analysis) Analisis, 2. Tahap (Design) Perancangan, 3. Tahap (Development) Pengembangan, 4. Tahap (Implementation) Implementasi, Dan 5. Tahap (EvaluationI) Evaluasi. Proses pengembangan produk yang dilakukan yaitu, uji validitas, pratikalitas dan efektifitas. Uji validitas terdiri dari uji ahli materi, uji ahli media dan uji ahli bahasa. Uji pratikalitas dilakukan untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk, dan uji efektifitas dilakukan untuk mengetahui keefektifan dari produk yang dikembangkan. Hasil analisis data validitas pengembangan media pembelajaran matematika berbasis E-Komik pada materi bilangan bulat memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 86%. Hasil analisis data pratikalitas pengembangan media pembelajaran matematika berbasis E-Komik pada materi bilangan bulat memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 85,4%. Hasil analisis data efektifitas pengembangan media pembelajaran matematika berbasis E-Komik pada materi bilangan bulat dengan presentase keefektifan 87%, dimana 4 orang siswa yang tidak tuntas dari total 32 orang siswa yang mengikuti tes termasuk dalam kategori sangat efektif. Penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis E-Komik pada materi bilangan bulat untuk kelas VII SMP Negeri 5 Padang Panjang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > Pendidikan Matematika H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:52 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:52 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
