Pengembangan Media Pembelajaran Digital Pocket Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang

Anasthasya, Nadia (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Pocket Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (1) -Nadia Anasthasya-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2024 (1) -Nadia Anasthasya-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah Padangpanjang cukup optimal, namun penggunaan dan pengembangan media pembelajaran matematika oleh pendidik masih tergolong lemah, media yang digunakan pendidik hanya buku paket dan pendidik menggunakan metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa untuk belajar matematika. Oleh karena itu, peneliti memilih digital pocked book yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu memberikan angket validasi produk kepada ahli materi,media, bahasa, angket praktikalitas siswa dan uji efektivitas dari soal tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data validitas pengembangan media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang memenuhi kriteria valid. Persentase validitas produk sebesar. Hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2025 06:59
Last Modified: 13 Nov 2025 06:59
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item