Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Berbantuan Kodular Pada Pembelajaran Matematika Di Sma Muhammadiyah Padang Panjang". Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Nainggolan, Rahmad Sabay (2025) Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Berbantuan Kodular Pada Pembelajaran Matematika Di Sma Muhammadiyah Padang Panjang". Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2025 (1) - Rahmad Sabay-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2025 (1) - Rahmad Sabay-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media pembelajaran matematika merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dan sudah diintegrasi dalam metode belajar yang dipakai. Salah satu contoh bahan ajar yang bisa dikongkritkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dibidang pendidikan adalah e-modul Berbantuan kodular. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran e-modul berbantuan kodular? apakah media pembelajaran e-modul berbantuan kodular yang dikembangkan valid? apakah media pembelajaran e-modul berbantuan kodular yang dikembangkan praktis? apakah media pembelajaran e-modul berbantuan kodular yang dikembangkan efektif? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbantuan kodular yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE ini dilaksanakan dalam 5 tahap yaitu Analysis ( analisis), Design ( perancangan ) , Development ( pengembangan ), Implementation ( implementasi) dan Evaluation (evaluasi ) model ini dianggap lebih mudah untuk diikuti. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Padang Panjang. Hasil analisis data validitas pengembangan e-modul berbantuan kodular pada materi trigonometri untuk kelas X memenuhi kriteria valid dengan skor akhir validitas sebesar 78,14 %. Hasil analisis data praktikalitas e-modul berbantuan kodular pada materi Trigonometri untuk kelas X oleh siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata skor 88,82%. Hasil analisis data efektivitas e-modul berbantuan kodular pada materi Trigonometri untuk kelas X memenuhi kriteria sangat efektif dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dari 17 orang yang mengikuti tes hasil belajar atau sebesar 83,52 %. Penelitian pengembangan berbantuan kodular pada materi Trigometri untuk kelas X kriteria valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2025 07:28
Last Modified: 18 Nov 2025 07:28
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item