Pengembangan E-LKPD berbasis Discovery Learning pada materi peluang kelas X DKV SMK N 2 Padangpanjang

Fanny, Fanny (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Discovery Learning pada materi peluang kelas X DKV SMK N 2 Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2025 (2) - FANNY-BAB I.pdf

Download (957kB)
[img] Text
2025 (2) - FANNY-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika di SMK N 2 Padangpanjang cukup optimal, namun penggunaan dan pengembangan media pembelajaran matematika oleh pendidik tergolong lemah, media yang digunakan pendidik hanya buku paket, LKPD yang diambil dari internet dan metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa untuk belajar matematika. Bahan ajar yang digunakan pendidik belum maksimal sehingga perlu adanya pengembangan bahan ajar yang terintegrasi dengan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti memilih E-LKPD yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Discovery Learning pada materi peluang kelas X DKV SMK N 2 Padangpanjang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu memberikan angket validasi produk kepada ahli materi, media, bahasa, angket praktikalitas peserta didik dan uji efektivitas dari soal tes hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data validitas pengembangan E-LKPD berbasis Discovery Learning pada materi peluang kelas X DKV SMK N 2 Padangpanjang memenuhi kriteria valid. Persentase validitas produk sebesar 80,6%. Hasil analisis data praktikalitas peserta didik memperoleh persentase 70,70% dengan kategori praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase 85,18% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Discovery Learning pada materi peluang kelas X DKV SMK N 2 Padangpanjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2025 07:44
Last Modified: 18 Nov 2025 08:05
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3876

Actions (login required)

View Item View Item