Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Heyzine Untuk Siswa Kelas X SMK IT DIAMERS

Ramadayanti, Putri (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Heyzine Untuk Siswa Kelas X SMK IT DIAMERS. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2025 (2) - PUTRI RAMADAYANTI-BAB I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
2025 (2) - PUTRI RAMADAYANTI-BAB II-V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan guru yang masih sering menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran serta sumber belajar hanya dari buku paket yang mengakibatkan rendahnya nilai serta minat belajar siswa. LKPD adalah salah satu bahan ajar yang berisi rangkuman mengenai pembelajaran yang dilaksanakan dan berisikan langkah kerja yang ditugaskan kepada siswa. Oleh karena itu perlu disusun suatu LKPD yang dapat digunakan secara mudah dan praktis. E-LKPD berbasis problem based learning berbantuan heyzine menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan yaitu: analysis, design, developments, implementation dan evaluation. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas XII SMKS IT DIAMERS Koto Baru. Hasil pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning berbantuan heyzine menunjukkan rata-rata skor dari tiga validator sebesar 78,53% dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari hasil analisis praktikalitas siswa memperoleh persentase sebesar 88,21% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan persentase ketuntasan belajar siswa dengan ditunjukkan nilai di atas KKM sebesar 84,21% sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD materi barisan dan deret sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning berbantuan heyzine yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Kelebihan E-LKPD yang dikembangkan adalah E-LKPD yang dapat diakses secara online melalui tautan yang telah diberikan dan dapat diakses dimana pun dan kapan pun

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:17
Last Modified: 19 Nov 2025 02:17
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item View Item