Afra, Afifah (2025) Pengembangan E-Modul berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan sigil software pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel pada SMK N 2 Padang Panjang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2025(2) - Afifah Afra-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2025(2) - Afifah Afra-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di abad ke-21 seharunya didukung oleh pemanfaatan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan kontekstual. Namun, kenyataannya proses pembelajaran di kelas cenderung masih konvensional dan kurang memanfaatkan media digital. Berdasarkan wawancara dengan guru SMK N 2 Padang Panjang, peserta didik beranggapan bahwa matematika sulit, khususnya pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Hasil analisis kebutuhan melalui angket juga menunjukkan bahwa media pembelajaran yang tersedia belum kontekstual sehingga peserta didik sulit memahami konsep. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Padang Panjang. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Modul memenuhi kriteria sangat valid, dengan skor 80% dari masing-masing ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa E-Modul sangat praktis, dengan rata-rata skor 92,76% dari respon peserta didik. Sementara itu, efektivitas E-Modul dinilai sangat tinggi, ditunjukkan oleh persentase ketuntasan belajar sebesar 85,71% (18 dari 21 peserta didik). Dengan demikian, E-Modul berbasis RME yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran SPLTV.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > Pendidikan Matematika H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:39 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:39 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
