Ffektivitas Discovery Learning berbasis Media Digital dan Media Konvensional pada materi Bilangan Bulat di kelas VII SMPN 5 Padang Panjang

Dari, Deta Wulan (2025) Ffektivitas Discovery Learning berbasis Media Digital dan Media Konvensional pada materi Bilangan Bulat di kelas VII SMPN 5 Padang Panjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2025(2) - DETA WULANDARI-BAB I.pdf

Download (862kB)
[img] Text
2025(2) - DETA WULANDARI-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Media Digital dan Media Konvensional pada Materi Bilangan Bulat di kelas VII SMPN 5 Padang Panjang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika yang cenderung monoton, serta minimnya pemanfaatan media digital yang interaktif. Model Discovery Learning dipilih karena menekankan keterlibatan aktif siswa dalam menemukan konsep melalui eksplorasi dan pemecahan masalah, sedangkan Media Digital dan Konvensional dibandingkan untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Padang Panjang tahun ajaran 2025/2026 yang berjumlah 224 siswa. Sampel penelitian dipilih secara acak menggunakan teknik random sampling, yaitu kelas VII.2 (32 siswa) sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning berbasis Media Digital, dan kelas VII.4 (32 siswa) sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning berbasis Media Konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest) yang telah divalidasi oleh ahli, memperoleh skor rata-rata 4,87 dengan kategori “sangat valid”. Analisis data diawali dengan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki varians yang homogen (F_hitung = 0,304 < 2,042 = F_((0,05:62))). Uji hipotesis menggunakan t-test dua pihak menghasilkan (t_hitung = 2,954 > 2,000 = t_((0,05:62) )) sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Media Digital dan Media Konvensional pada model Discovery Learning. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 67,50 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 60,53, yang berarti Media Digital lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangan Bulat. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Discovery Learning berbasis Media Digital memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan Media Konvensional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > Pendidikan Matematika
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2025 03:29
Last Modified: 19 Nov 2025 03:29
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item